ads-unit

Tips Mengasah Pisau Agar Selalu Tajam Dan Tahan Lama

0
Tips mengasah pisau agar selalu tajam dan tahan lama - Pisau adalah salah satu peralatan memasak yang wajib selalu ada di dapur. Karena pisau ini sangat penting untuk memotong bahan-bahan makan ikan dimasak nantinya. Namun, karena pada dasarnya pisau berbahan dasar besi, maka ia akan mudah untuk berkarat jika tidak dilakukan perawatan. 

Nah, agar pisau bisa selalu tajam dan berfungsi dengan baik, pisau membutuhkan perawatan dan salah satu perawatan yang bisa dilakukan ialah dengan mengasahnya agar ia bisa selalu tajam dan tidak mudah tumpul.

tips mengasah pisau agar selalu tajam dan tahan lama

Pisau yang tumpul akan sangat menyusahkan sekali ketika memotong bahan-bahan, selain itu pisau yang tumpul akan membuat hasil potongan menjadi tidak rapi. Yang akhirnya proses memasak pun akan tersendat karena pisau tidak berfungsi dengan semestinya. Untuk itulah diperlukan teknik yang benar untuk mengasah pisau agar selalu tajam dan tahan lama. Lalu bagaimana caranya? Simak tips berikut ini. 

  1. Pilih alat asah yang tepat, misalnya seperti batu asahan yang memiliki dua permukaan yang mana memiliki permukaan kasar di bagian Sisinya dan di bagian lain memiliki bagian yang halus. 
  2. Basahi permukaan buat wajah terlebih dahulu dengan air sebelum mengasah pisau. Air ini berfungsi untuk pelumas saat mengasah pisau pada permukaan batu. 
  3. Tempelkan mata pisau yang ingin diasah pada permukaan batu asah dengan kemiringan 10- 20 derajat. Ukur kemiringannya dengan dikira-kira saja. 
  4. Asah pisau dengan melakukan gerakan satu arah saja, jangan melakukan gerakan bolak-balik, karena akan membuat pisau malah jadi tumpul. 
  5. Setelah terasa cukup tajam, hentikan pengasahannya. Karena jika diteruskan pisau akan semakin tipis dan mudah rusak. 
  6. Bersihkan pisau dengan air bersih, jangan memakai pisau bekas Asahan karena akan menimbulkan karat pada pisau dan akan menimbulkan bakteri yang menempel jika tidak segera dibersihkan. 
  7. Keringkan dengan dilap, setelah itu keringkan pada suhu ruangan sebelum digunakan kembali. 
  8. Taruhlah pisau pada tempat-tempat kering, sehingga pisau tidak cepat berkarat.
  9. Agar pisau lebih awet, bersihkanlah pisau dengan air bersih setelah memotong buah yang bergetah, atau daging yang memiliki banyak lemak, setelah itu keringkan dengan cara di lap.


Demikianlah tips-tips mengasah pisau agar selalu tajam dan tahan lama. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

About The Author

Hello, I am an web designer/developer from Melbourne, Australia. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium .