ads-unit

Resep Dan Cara Membuat Kue Lapis Kukus Dari Tepung Beras

0
Resep dan cara membuat kue lapis kukus dari tepung beras - Kue basah tradisional yang terbuat dari tepung beras ini masih banyak kita temukan di pasar tradisional. Jajanan tradisional yang satu ini memang masih banyak digemari oleh orang-orang. Terutama bagi masyarakat yang sedang mengadakan acara hajatan atau arisan. 

Tekstur yang lembut dengan paduan rasa santan serta tampilannya yang berlapis-lapis, membuat kue basah tradisional ini menarik untuk dijadikan suguhan tamu. Dan karena tampilannya yang berlapis inilah yang membuatnya dinamakan kue lapis.

cara membuat kue lapis dari tepung beras

Namun sayangnya, banyak orang yang kurang suka untuk membuat sendiri kue lapis ini, dan justru lebih memilih untuk membeli di pasar-pasar tradisional. Karena membuat kue lapis membutuhkan proses yang cukup rumit, kesabaran dan ketelatenan pun juga diperlukan saat membuat kue lapis ini. 

Nah inilah yang bisa kita jadikan peluang usaha kue basah yang bisa kita buat sendiri di rumah. Karena sudah banyak orang yang malas untuk membuat kue lapis, kenapa kita tidak coba membuatnya untuk kita jadikan bisnis rumahan kita. 

Anda tak perlu khawatir tidak bisa membuatnya, karena kami kali ini akan membagikan resep dan cara membuat kue lapis dari tepung beras 

Berikut adalah resep serta cara membuat kue lapis dari tepung beras. 

Bahan-bahan


  • 1/2 kg tepung beras 
  • 1/4 kg tepung sagu/tapioka 
  • 300 gram gula pasir 
  • 1300 ml santan 
  • 1 sdm garam 
  • Pasta pandan secukupnya 
  • Pasta coklat secukupnya 
  • 2 lembar daun pandan 
  • Minyak goreng secukupnya 


Cara membuat kue lapis kukus


  1. Rebus santan bersama dengan pandan hingga mendidih. Setelah mendidih, sisihkan santannya dan diamkan sejenak hingga hangat. 
  2. Campurkan tepung beras, tepung sagu, gula pasir, dan garam secukupnya. Aduk hingga tercampur rata. 
  3. Tuangkan santan kedalam campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk terus menerus sampai santan habis, dan adonan tidak menggumpal 
  4. Bagi adonan menjadi 3 bagian, setelah itu, tuangkan pasta coklat pada adonan pertama dan tuangkan pasta pandan pada adonan kedua, adonan ketika kita biarkan tetap berwarna putih. 
  5. Siapkan loyang yang sudah dilapisi dengan plastik dan sudah diolesi dengan minyak goreng. 
  6. Panaskan dandang untuk mengukus. 
  7. Ambil dua centong adonan berwarna hijau dan tuangkan pada loyang, lalu kukus selama 5 menit. 
  8. Setelah 5 menit, ambil dua centong adonan berwarna putih, lalu kukus kembali selama 5 menit. 
  9. Ulangi menuangkan adonan selang seling sampai adonan habis dengan cara yang sama. 
  10. Setelah adonannya semua abis, kukus selama 10 menit.
  11. Lakukan hal yang sama pada adonan berwarna coklat dengan teknik yang sama.
  12. Setelah matang, angkat dari dandang dan biarkan dingin. 
  13. Setelah dingin, potong-potong kue lapis sesuai selera, lalu hidangkan. 

Tips Menu Hari Ini

  • Saat mengukus adonan kue lapis, usahakan untuk selalu mengecek keadaan air yang dipakai untuk mengukus. Jangan sampai kering, karena itu akan merusak dandang.
Demikianlah resep dan cara membuat kue lapis kukus dari bahan tepung beras yang bisa Anda coba buat di rumah dan bisa anda jadikan suatu peluang usaha yang menguntungkan. Sekian dan selamat mencoba.

About The Author

Hello, I am an web designer/developer from Melbourne, Australia. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium .