ads-unit

Cara Menanak Ketan Putih Yang Benar Agar Pulen dan Gurih

0
Apa yang anda bayangkan jika anda mendengar kata ketan putih? Pastinya anda akan berpikir bahwa ketan putih yang mirip dengan beras biasa ini jika diolah akan menjadi bermacam-macam jajanan yang pastinya sedap dilidah. Yup, betul sekali. Ada banyak sekali jajanan yang berbahan utama ketan putih. Dan ketan putihpun juga sangat cocok jika dipadukan dengan durian, susu ataupun yang lain sesuai selera dan kreasi anda tentunya.

cara menanak ketan putih

Sensasi gurih dan legit yang ditawarkan oleh ketan putih memang sangat menggoda para pecinta kuliner. Apalagi dizaman sekarang, banyak sekali kreasi-kreasi yang dihasilkan oleh penjual ketan, mulai dari ketan coklat, ketan durian dan lain sebagainya. Berbeda dengan zaman dahulu yang masih mengkonsumsi ketan putih dengan paduan gula merah cair ataupun menggunakan parutan kelapa dan sambal serundeng. Dan sampai hari inipun ketan dengan berbagai topping ataupun yang original, masih bisa kita temui di berbagai daerah.

Tapi, semua kenikmatan dan juga kegurihan yang dibayangkan akan menjadi sirna seketika jika kita tidak tahu cara memilih beras ketan yang bagus dan juga cara menanak ketan putih yang benar agar pulen dan gurih. Dan oleh karena itulah, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan tips memasak ketan putih yang benar agar bisa pulen, legit dan gurih. Lalu bagaimana caranya? Yuk simak tips berikut ini.

Teliti Sebelum Membeli

Akhir-akhir ini banyak sekali beras ketan oplosan yang dijual dipasaran. Itu dikarenakan harga beras ketan memang lebih mahal dibandingkan dengan beras biasa. Dan momen seperti itulah yang dimanfaatkan oleh beberapa pedagang yang nakal untuk mengoplos beras ketan dengan beras biasa. Jadi, yang perlu anda lakukan adalah meneliti sebelum membeli. Ciri-ciri dari beras ketan yang bagus ialah:
  1. Beras ketan yang bagus berwarna putih susu. Jadi pastikan anda tidak memilih beras ketan yang berwarna agak kekuningan ataupun beras ketan yang warnanya pudar.
  2. Beras ketan yang bagus memiliki aroma khas seperti pandan dan cenderung sedikit wangi. Meskipun samar, tapi anda masih bisa mencium aromanya.
  3. Beras ketan yang baik memiliki tekstur yang baik pula, tidak terlihat rapuh dan juga bulirnya terlihat lebih besar.
  4. Beras ketan yang bagus adalah beras ketan yang tidak bercampur dengan kutu beras, kerikil ataupun kotoran lain. Jadi pilihlah yang bersih. Meskipun agak mahal, namun kualitasnya tetap terjaga.

Cuci Bersih dan Rendam Sebelum Menanak Ketan

Cara mencuci beras ketan putih sama saja dengan cara mencuci beras biasa pada umumnya. Seperti membersihkan kotoran-kotoran yang tersisa. Dan akan jauh lebih baik jika anda mencucinya 1-2 kali saja, agar tekstur beras ketan tidak hancur.

Setelah mencuci bersih beras ketan, persiapkan air bersih untuk merendamnya. Rendam selama kurang lebih 1-2 jam, tergantung seberapa banyak beras ketan yang akan anda olah nantinya. Semakin lama merendamnya maka akan semakin bagus. Dan anda akan mendapatkan tekstur yang legit dari ketan ketika anda mengolahnya nanti.

Cara Menanaknya

  1. Kukus beras ketan yang sudah direndam didalam dandang yang sudah diisi air. Air jangan terlalu banyak karna nanti malah jadi bubur. Dan juga jangan terlalu sedikit karena nanti akan kering. Sesuaikan saja dengan ukuran dandang dan banyaknya beras ketan yang diolah. Beri air sampai di bawah saringan kurang lebih 3 centimeter.
  2. Sambil mengukus beras ketan, kita didihkan santan kental dan juga garam secukupnya. Ini juga disesuaikan dengan banyaknya ketan yang akan diolah. Untuk 1/2 kg beras ketan biasanya membutuhkan 250 ml santan dan 1 sdm garam.
  3. Jika beras ketan sudah setengah matang, angkat dan pindahkan beras ketan kedalam wadah yang lain.
  4. Tuangkan santan yang sudah dipanaskan tadi diatas beras ketan. lalu aduk hingga ketan tercampur rata dengan santan.
  5. Masukkan kembali beras ketan tersebut kedalam dandang. lalu masak hingga empuk.
Itulah tips memasak ketan putih yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali ini. Setelah anda memasak ketan, anda bisa menggabungkan dengan berbagai topping sesuai selera anda. jadi jangan lewatkan resep resep berikutnya agar menambah daftar menu anda. Terima kasih dan sampai jumpa.

About The Author

Hello, I am an web designer/developer from Melbourne, Australia. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium .