ads-unit

Resep Kembang Tahu Kuah Jahe (Original) - Menu Hari Ini

0

Resep Kembang Tahu Kuah Jahe

Kembang tahu ini bentuknya hampir mirip dengan bubur sum sum. Namun jelas perbedaannya adalah dari bahan yang diolah, jika bubur sum sum berasal dari tepung beras, kembang tahu justru berasal dari hasil fermentasi susu kedelai  yang dicampuri dengan bubuk sekau. Apa itu sekau? Sekau adalah semacam obat untuk memisahkan air dari susu kedelai supaya tahu memiliki tekstur yang lebih padat dan lembut seperti sutra. Sekau atau yang juga disebut dengan batu tahu ini bisa anda beli di toko kue atau toko obat Cina.
resep kembang tahu kuah jahe

Karena prosesnya yang sedikit rumit dan membutuhkan waktu yang cukup lama saat mengolah kedelainya, makanya banyak orang menyiasati proses pengolahannya menggunakan agar-agar dan juga susu kedelai instan. Tapi pada kesempatan kali ini kami akan mencoba membuat kembang tahu versi original alias tidak menggunakan agar-agar.
Oke langsung mari kita siapkan bahan-bahannya dan belajar cara pembuatannya. Simak resep ini sampai selesai!

Bahan Untuk Kembang Tahu

  • 500 gram kedelai
  • 20 gram sekau (atau setara dengan 4 sdt)
  • 1.800 ml air

Bahan Untuk Kuah Jahe

  • 300 gram jahe (memarkan)
  • 300 gram gula merah
  • 100 gram gula pasir
  • 4 lembar daun pandan
  • 2 liter air
  • 1/4 sdt garam

Cara Membuat Kembang Tahu

  1. Rendam kedelai didalam air selama kurang lebih 4-5 jam.
  2. Setelah proses perendaman selesai, buanglah kulit kedelainya dengan cara meremas-remas kedelainya sampai kulitnya mengapung dan terpisah.
  3. Masukkan kedelai ke dalam blender dengan dicampur air, lalu blender sampai terlihat halus. Setelah itu saring hasil blenderan dengan saringan halus sampai terpisah ampas dan airnya.
  4. Blender kembali ampas dan air hasil saringan. lalu saring lagi dengan saringan halus. Ulangi proses ini sebanyak 2 kali lagi.
  5. Setelah proses pemblenderan selesai, sekarang kita harus menyaringnya menggunakan kain bersih. Setelah itu remas-remas sampai airnya benar-benar terpisah dari ampasnya.
  6. Rebus air kedelai (susu kedelai) sampai mendidih sambil terus diaduk. Setelah itu matikan kompor dan terus aduk susu kedelai sampai uapnya hilang.
  7. Nyalakan kompor lagi dan rebus kembali susu kedelai sampai mendidih. Setelah itu angkat dan terus diaduk sampai uapnya hilang.
  8. Larutkan sekau dengan air dan tuangkan susu kedelai kedalamnya. Lalu tutuplah panci yang berisi larutan sekau dan susu kedelai selama kurang lebih 30 menit.

Cara Membuat Kuah Jahe

  1. Rebus air sampai mendidih. Setelah itu masukkan jahe yang sudah dimemarkan.
  2. Masukkan gula merah dan gula pasir serta garam. Aduk dan masak hingga gula merah tercampur dengan air.
  3. Masukkan daun pandan sebelum diangkat.

Cara Penyajiannya

  1. Ambil kembang tahu secukupnya dan masukkan dalam mangkuk.
  2. Tuangkan kuah jahe diatasnya, setelah itu beri potongan daun pandan untuk mempercantik tampilannya. Kembang tahupun siap disajikan!

Tips Hari Ini

  • Jika anda terasa ribet untuk mengolah kedelainya menjadi susu, anda bisa mengganti kedelai dengan susu kedelai instan. Tapi rasa dan juga teksturnya akan berbeda dengan aslinya, meskipun tidak terlalu berbeda.
  • Sebelum memasukkan daun pandan ke dalam kuah jahe, irislah daun pandan atau remas sedikit agar aroma harumnya lebih kuat.

Itulah cara original membuat kembang tahu kuah jahe. Memang sedikit ribet dan lama saat mengolahnya. Tapi kami rasa rasanya setimpal dengan perjuangan saat membuatnya. meskipun rasa dan juga teksturnya akan sedikit berubah dari versi originalnya. Semoga resep ini bermanfaat bagi anda. Terima kasih dan selamat mencoba!

About The Author

Hello, I am an web designer/developer from Melbourne, Australia. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium .