ads-unit

Resep Sambal Matah Khas Bali - Menu Hari Ini

0
Indonesia memang memiliki banyak cita rasa makanan yang begitu menggiurkan. Dan bisa dibilang bahwa Indonesia adalah surganya makanan pedas. Nyatanya, ada berbagai jenis sambal yang bisa kita temukan di nusantara ini. Bukan satu atau dua jenis sambal saja yang bisa kita temukan, kita bisa menemukan berbagai resep sambal yang sangat menggugah selera di Nusantara ini!

resep sambal matah

Oleh karena itulah pada resep kali ini, kami akan mencoba membuat salah satu sambal yang terkenal dengan rasa pedas nan segar dan penyajiannya yang unik. Yup kami akan membuat sambal matah khas Bali. Secara umum, bisa dibilang bahan yang diperlukan untuk membuat sambal matah ini hampir sama dengan sambal yang lain. Namun, perbedaan sambal matah dengan sambal yang lain adalah cara penyajiannya. Dan sambal matah yang disajikan semi matang dan tidak dihaluskan inilah yang menjadi keunikan dan ciri khasnya.

Ok tak perlu berlama-lama, mari langsung saja kita buat sambal matah khas pulau Bali yang eksotis ini. Apa saja bahan yang harus dipersiapkan dan bagaimana cara pembuatannya? Yuk simak resep berikut ini!

Bahan-Bahan

  • 20 buah rawit merah (iris halus)
  • 5 siung bawang putih (cincang halus)
  • 15 siung bawang merah (iris halus)
  • 5 batang serai (ambil bagian putihnya, lalu iris halus)
  • 10 lembar daun jeruk (buang tulang daunnya, lalu iris halus)
  • 6 buah jeruk nipis
  • 1 botol minyak kelapa (ini sekitar 100-150 ml)
  • 1 sdt garam
  • 1 1/2 sdt gula

Cara Pembuatannya

  1. Campurkan rawit merah, bawang putih, bawang merah, serai dan daun jeruk didalam satu wadah.
  2. Panaskan minyak kelapa, lalu matikan apinya.
  3. Tuangkan minyak kelapa kedalam bahan-bahan yang sudah diiris.
  4. Tambahkan gula serta garam.
  5. Campur dengan tangan yang sudah dibersihkan atau dilapisi plastik, lalu campur hingga merata.
  6. Kucuri dengan air jeruk nipis, lalu campur lagi sampai merata semua bahannya.
Itulah resep sambal matah khas Bali yang pedasnya tersa segar. Tidak sulit bukan untuk membuatnya? Bahan-bahan yang tertera diatas adalah bahan untuk 15 porsi. Jika anda ingin membuat untuk porsi sedikit, anda bisa mengurangi penggunaan bahannya. 

Sekilas sambal matah ini memang mirip dengan sambal dabu-dabu khas Manado. Namun perbedaannya adalah, jika sambal dabu-dabu khas Manado menggunakan tomat didalamnya, sedangkan untuk sambal matah khas Bali tidak memerlukannya. Anda juga bisa menambahkan terasi jika anda menyukainya. Oke sampai disini dulu resep kali ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Tips Hari Ini!

  • Jika anda menggunakan terasi dalam pembuatan sambal matah, bakarlah terlebih dahulu dan gerus terasinya sampai lembut sebelum dicampurkan dengan semua bahan sambal matah.
  • Selain menggunakan minyak kelapa, anda bisa saja menggantinya dengan minyak goreng. Dan cara penggunaannya pun sama.
  • Sambal matah umumnya disandingkan dengan ikan bakar dan nasi putih. Dengan begitu rasa segarnya akan terasa lebih nikmat.

    About The Author

    Hello, I am an web designer/developer from Melbourne, Australia. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium .