ads-unit

Resep Cara Membuat Pempek Asli Palembang

0
Berkunjung ke Palembang, Sumatera Selatan, tak lengkap rasanya jika tak mencicipi jajanan asli palembang yaitu pempek. Pempek bisa kita temukan dimana saja, diseluruh sudut ibu kota provinsi Sumatera selatan ini.

Dahulu, kita hanya bisa mendapatkan pempek jika kita berkunjung ke tempat asal pembuatannya yaitu Palembang. Tapi, seiring berjalannya waktu dan berkembangnya tekhnologi, banyak dari penjual pempek yang menjajakan pempeknya secara online. Maka, tak heran jika kita banyak menemukan banyak aneka jajanan yang dijual secara online. Karena hal itu termasuk bisnis online yang sangat menggiurkan.

pempek palembang, pempek kapal selam, pempek lenjer

Melansir dari id.wikipedia.org, sejarah mengatakan bahwa pempek telah ada sejak datangnya perantau Tionghoa ke Palembang, yaitu sekitar abad 16 saat Palembang masih dikuasai oleh Sultan  Mahmud Badaruddin II.

Nama pempek sendiri diyakini oleh masyarakat berasal dari bahasa Tionghoa yaitu Apek atau pek-pek, itu adalah sebutan bagi paman atau lelaki yang sudah tua.

Namun, sejarah ini masih perlu ditelaah lebih dalam karena pempek terbuat dari tepung tapioka. Sedangkan singkong yang menjadi bahan tepung tapioka diperkenalkan oleh bangsa Portugis pada abad ke 16, sementara bangsa Tionghoa sudah ada di Nusantara sejak sekurang-kurang pada masa Sriwijaya.

Namun, terlepas dari sejarah pempek, dewasa ini banyak jenis pempek yang bisa kita temukan dengan berbagai varian, dan pempek yang paling terkenal di Palembang adalah "pempek kapal selam", yaitu pempek yang yang diisi dengan telur ayam. Meskipun begitu, kita masih bisa menemukan pempek yang lain, seperti pempek lenjer, pempek keriting, pempek kulit ikan dan lain sebagainya.

Nah, bagi anda yang ingin merasakan gurihnya pempek asli Palembang, anda tak perlu jauh-jauh pergi ke Palembang untuk membelinya. Anda bisa kok membuatnya sendiri dirumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari, tapi butuh proses yang cukup rumit untuk mendapatkan rasa pempek yang maksimal.

Dan pada kesempatan kali ini kami mencoba membuat resep pempek yang mirip dengan resep aslinya. Berikut adalah bahan-bahan dan cara pembuatan pempek asli Palembang yang bisa anda praktekan di rumah.

Bahan Pempek Asli Palembang

  • 300 gram ikan tenggiri (haluskan dengan mesin penggiling)
  • 200 gram tepung tapioka
  • 125 gram tepung terigu
  • 1 butir telur ayam
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt penyedap rasa
  • 3 butir telur untuk isian secukupnya.
  • 250 ml air panas
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Cuka Pempek Asli Palembang

  • 250 gram gula merah
  • 50 gram air asam jawa
  • 4 buah cabai rawit atau sesuai selera (haluskan)
  • 5 siung bawang putih (cincang halus)
  • 2 sdm ebi/udang kering (Seduh dengan air panas, lalu haluskan)
  • 1 sdm kecap manis
  • 5 sdt cuka putih
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • 1 liter air bersih
  • 1 buah mentimun (potong kotak-kotak seperti acar)

Cara Membuat Pempek Asli Palembang

  1. Masukkan air panas dalam wadah, lalu campurkan dengan garam, penyedap rasa, 2 sendok makan minyak goreng dan tepung terigu. Setelah itu aduk hingga adonan terlihat mengental.
  2. Setelah adonan pempek mengental, dinginkan sementara.
  3. Setelah adonan dingin, masukkan 1 butir telur ayam, dan ikan tenggiri yang sudah dihaluskan.
  4. Masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil terus diuleni hingga adonan kalis.
  5. Jika adonan terlalu keras dan sulit dibentuk, tambahkan tepung tapioka lagi, lalu sisihkan.
  6. Kocok 3 butir telur untuk isian dengan ditambahi sejumput garam.
  7. Bentuk adonan pempek menjadi bulat, lalu lubangi bagian tengahnya dengan jempol, ukurlah lubangnya sekiranya isian telur tidak tumpah saat direbus.
  8. Masukkan isian telur yaitu telur yang sudah dikocok sebelumnya ke dalam lubang adonan, lalu pipihkan bagian pinggirnya agar isian tidak tercecer.
  9. Rebus air hingga mendidih, lalu beri minyak goreng secukupnya agar pempek tidak saling menempel saat direbus.
  10. Rebus adonan pempek sampai mengapung, setelah itu sisihkan.

Cara Membuat Cuka Pempek Asli Palembang

  1. Rebus air dengan api sedang sampai mendidih.
  2. Masukkan air asam jawa dan gula merah, lalu aduk sampai gula merah hancur.
  3. Masukkan, ebi, bawang putih, cabai rawit yang sudah dihaluskan sebelumnya, lalu aduk kembali sampai merata.
  4. Masukkan kecap manis, cuka, garam dan penyedap rasa secukupnya, lalu aduk kembali dan masak hingga dirasa matang.
  5. Saring cukanya sebelum disajikan.

Cara Menyajikan Pempek Asli Palembang

  1. Goreng pempek dalam minyak panas sampai berubah warna, setelah itu tiriskan.
  2. Potong sesuai selera, lalu tuangkan cuka diatasnya.
  3. Tata potongan mentimun dipinggirnya, dan pempek asli Palembang siap disajikan

Tips Hari Ini

  • Jika masih ada adonan pempek yang tersisa, buatlah pempek lenjer, yaitu pempek tanpa isi. Caranya hanya dengan membentuk adonan sampai berbentuk seperti lontong.
Demikianlah cara membuat pempek asli Palembang yang terkenal dengan pempek kapal selam. Disebut "kapal selam karena bentuknya yang "dimiripkan" dengan kapal selam. Ada banyak penyebutan pempek sesuai dengan cara pengolahan dan bentukn ya.

Belakangan ini makin banyak juga penjual pempek yang berkreasi dengan resepnya, seperti misalnya pempek baso sapi, pempek sosis, pempek keju dan masih banyak yang lainnya. Semoga kami bisa sempat membuatnya juga ya. hehe.

Semoga resep ini bermanfaaat dan bisa anda praktekan di rumah, dan semoag bisa menambah wawasan ide-ide kuliner anda. Sekian dan terima kasih.


About The Author

Hello, I am an web designer/developer from Melbourne, Australia. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium .