ads-unit

Resep Donat Kentang Praktis Empuk Dan Lembut - Menu Hari Ini

0
Bundar bolong tengahnya, pastinya anda sudah tahu kan tampilan kue apa itu. Yup betul sekali, jawabannya adalah kue donat. Kue donat sudah menjadi jajanan atau salah satu aneka kue yang digemari masyarakat. Dan kue donat sering sekali menjadi salah satu menu sajian yang dihidangkan ketika ada hajatan atau acara keluarga. Tidak hanya disajikan di acara keluarga, donat sendiri sudah banyak kita temukan, baik di pasar tradisional maupun di mall kota-kota besar. Dan salah satu donat yang paling dicari di kota besar adalah donat jco. Berbeda dengan donat kampung, donat jco memang bisa dibilang lebih empuk dan lembut. namun sayangnya harganya relatif lebih mahal dari donat biasa atau donat kampung. Jadi kali ini kami akan mencoba membuat donat kentang yang tidak jauh berbeda dengan donat jco, tapi kami akan mencoba membuat donatnya dengan cara yang praktis, tapi tetap empuk dan lembut.

cara membuat donat kentang empuk dan lembut

Secara umum kue donat terbuat dari bahan dasar tepung terigu dengan dipadukan dengan bahan yang lain seperti kentang, ragi dan lain sebagainya. Tapi, cara membuat donat kentang yang lembut bisa dibilang cukup rumit, terutama bagi anda yang baru belajar membuat kue. Untuk membuat kue donat yang empuk dan lembut memang bukanlah hal yang mudah, harus ada komposisi yang pas dari takaran bahannya serta cara membuat donat empuk dan lembutnya harus ekstra sabar. Takaran yang tidak pas dari bahan-bahannya akan membuat donat menjadi bantat, sehingga akhirnya orang-orang akan malas untuk memakannya. Apalagi jika membuat donat dengan bahan kentang akan jauh lebih sulit. Karena kentang yang dijadikan bahan tersebut juga harus diperhatikan suhunya. Suhu yang keluar dari kentang tersebut akan mempengaruhi ragi yang dicampurkan, sehingga salah sedikit saja maka donat kentang akan menjadi bantat.

Secara tampilan, donat sudah mengalami banyak variasi tergantung dari kreatifitas penjualnya. Ada donat kentang yang tidak bolong, ada juga donat kentang yang justru diisi dengan selai coklat atau selai dengan berbagai rasa yang lain. Sudah banyak sekali varian donat dengan berbagai topping yang bisa kita temukan juga. Untuk itu kami akan berbagi resep donat kentang yang praktis tapi empuk dan lembut sehingga anda bisa membuat donat kentang sendiri dirumah. Lalu apa saja bahan yang  harus dipersiapkan dan bagaimana cara membuat donat kentang praktis, empuk dan lembut? Yuk ikuti resep berikut ini!

Bahan Untuk Membuat Donat Kentang


  • 400 gram tepung terigu protein tinggi
  • 100 gram kentang (dikukus terlebih dahulu lalu dihaluskan, setelah itu dinginkan)
  • 2 sdm susu bubuk full cream
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 butir telur (ambil kuningnya saja)
  • 1 sdm mentega tawar
  • 1/4 sdm ragi instan
  • 1/4 sdm baking powder
  • 1/4 sdt garam
  • 80 ml air
  • Minyak goreng secukupnya
  • Selai coklat secukupnya
  • Meses secukupnya

Cara Membuat Donat Kentang Praktis, Empuk Dan Lembut

  1. Kupas kentang, bersihkan lalu rebus selama kurang lebih 7-10 menit. Setelah itu tumbuk halus.
  2. Ayak tepung terigu sampai terpisah dari butiran kasar dan juga kotoran.
  3. Masukkan tepung terigu dalam wadah dan campurkan juga ragi instan, susu bubuk, baking powder dan gula pasir, lalu aduk-aduk menggunakan spatula sampai tercampur rata.
  4. Masukkan kuning telur dan kentang yang sudah dihaluskan, lalu masukkan air sedikit demi sedikit sambil mengaduk adonan menggunakan tangan kira-kira 15 menit atau sampai adonan setengah kalis.
  5. Masukkan mentega dan juga garam, lalu uleni kembali sampai adonan kalis.
  6. Setelah adonan kalis, diamkan adonan selama kurang lebih 20-30 menit. Tutupi wadah dengan menggunakan kain/lap lembab agar adonan tidak menjadi kering. Dan sesekali coba cek adonan apakah berbau sangit atau tidak.
  7. Setelah didiamkan selama 30 menit, idealnya adonan akan mengembang 2 kali lipat dari ukuran semula. Setelah itu kempiskan dengan tangan pelan-pelan.
  8. Ambil adonan secukupnya, lalu bentuk adonan bulat atau bundar dengan menggunakan tangan. Lakukan proses tersebut sampai adonan habis. Setelah itu diamkan sejenak.
  9. Panaskan minyak goreng dan goreng donat dengan menggunakan api kecil agar tidak cepat gosong.
  10. Goreng sampai berwarna kuning kecoklatan, setelah itu balik dan goreng lagi sampai sisi yang lainnya berwarna kuning kecoklatan, lalu angkat dan tiriskan.
  11. Beri topping selai coklat dan meses sesuai selera.

Tips Membuat Donat Kentang Praktis, Empuk Dan Lembut

  • Gunakan sumpit saat menggoreng donat, gunakan sumpit juga untuk membuat lubang donat dengan gerakan memutar saat donat sudah mulai merekah, agar donat rapi.
  • Gorenglah donat dengan menggunakan api kecil saja dan cepat-cepatlah membalikkan donat yang sudah berubah warna agar tidak gosong.
  • Sebelum dimasukkann adonan, kentang harus benar-benar dingin agar ragi tidak mati. Karena jika kentang masih hangat akan mengakibatkan ragi tidak berfungsi.
  • Pisahkan antara ragi dan garam saat memasukkannya ke dalam adonan agar adonan bisa berkembang sempurna.
  • Uleni adonan hingga benar-benar kalis atau sudah tidak lengket di tangan, jika masih lengket boleh ditambahkan tepung terigu.
Itulah resep donat kentang praktis, empuk dan sederhana. Asalkan urutan bahan dan cara membuatnya sesuai maka anda akan menghasilkan donat kentang yang empuk dan lembut. Terima kasih banyak sudah berkunjung, semoga resep donat kentang kali ini bisa menambah ide resep aneka kue anda. Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya dan selamat mencoba!

About The Author

Hello, I am an web designer/developer from Melbourne, Australia. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium .