ads-unit

Resep Gudeg Jogja Dan Cara Membuatnya - Menu hari Ini

0
Pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya "gudeg". Ya, Gudeg adalah makanan khas dari  Jogjakarta. Makanan yang mempunyai citarasa manis yang ebih dominan ini memang memiliki penggemarnya sendiri. Memang ada sebagian orang yang kurang menyukai masakan manis. Tapi gudeg bisa dibilang mempunyai rasa manis yang khas karena proses pengolahannya yang cukup unik menurut kami. Dan memang benar bahwa setiap masakan tradisonal memerlukan proses pengolahan yang tradisional juga untuk mendapatkan citarasa yang pas. Seperti misalnya penggunaan daun jati dan juga areh (santan kental yang dihasilkan dari parutan kelapa). Proses pembuatan gudegpun juga bisa dibilang lama untuk mendapatkan rasa gudeg yang nikmat.

Gudeg sudah menjadi kuliner ikonik di Jogjakarta, apalagi Jogjakarta adalah salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Jadi tak heran jika para wisatawan memiliki andil besar untuk mempopulerkan masakan tradisional ini. Bahkan turispun juga tak segan untuk mencicipinya dikala mereka berkunjung ke Jogjakarta. Dan juga orang yang sudah berada di Jogjakarta tak lengkap rasanya memang jika tidak mencicipi gudeg Jogja ini.

resep gudeg jogja dan cara membuatnya

Dewasa ini, banyak varian gudeg yang bisa kita temui. Ini berkat kreatifitas para penjual gudeg untuk menarik para pembeli yang juga turut melestarikan budaya tradisonal menurut kami. Variasi yang bisa kita temukan dalam masakan gudeg adalah dari isinya, ada yang menggunakan tambahan telur, potongan ayam ataupun tahu tergantung selera dari daerah masing-masing. Meskipun begitu, bahan dasar dari membuat gudeg adalah dengan menggunakan nangka muda. Dan biasanya kita akan menemukan gudeg jogja yang disajikan dengan disertai sambal krecek.

Jika anda berkunjung ke Jogjakarta dan ingin menikmati gudeg yang nikmat, kami sarankan untuk berkunjung ke warung yang sudah terkenal atau ke penjual yang sudah agak tua/sepuh. Pasalnya, para penjual gudeg yang sudah sepuh ataupun yang sudah ternama akan membuat gudeg dengan cara tradisional berdasarkan resep aslinya. Tapi jika anda belum sempat berkunjung ke Jogjakarta dan ingin menikmati gudeg, anda tak perlu khawatir karena kami akan berbagi resep gudeg dan cara membuatnya dengan langkah tradisional dengan menggunakan daun jati. Lalu bagaimana cara membuatnya dan apa saja bahan yang perlu dipersiapkan? Yuk ikuti resep berikut ini!

Bahan Untuk Membuat Gudeg Jogja


  • 500 gram nangka muda/tewel (Jawa)
  • 3 butir telur yang sudah direbus
  • 100 gram gula merah (sisir halus)
  • 400 ml santan dari kelapa
  • 1000 ml air
  • 3 cm lengkuas (iris jadi tiga bagian)
  • 4 lembar dau salam
  • 8 lembar daun jati

Bumbu Untuk Membuat Gudeg Jogja

  • 10 buah bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 6 buah kemiri (disangrai terlebih dahulu)
  • 2 sdt ketumbar (disangrai terlebih dahulu)
  • 2 1/2 sdt garam

Cara Membuat Gudeg Jogja

  1. Potong kecil-kecil nangka mudanya, lalu bersihkan dengan air.
  2. Alasi panci/periuk dengan menggunakan daun jati. Pastikan bagian panci/periuk teralasi semuanya.
  3. Lalu masukkan nangka muda, telur, lengkuas dan daun salam ke dalam periuk, lalu masukkan air, setelah itu tutup panci/periuknya dengan daun jati dan rebus sampai air mengering.
  4. Menunggu nangka muda lunak dan airnya mengering, haluskan semua bumbu gudeg, yaitu bawang merah, bawang putih, kemiri yang sudah disangrai. ketumbar dan garam.
  5. Setelah airnya kering dan nangka muda sudah hancur dan lunak, masukkan santan, gula merah, dan bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya. Setelah itu aduk sampai tercampur rata.
  6. Setelah semuanya tercampur, tutup lagi panci/periuk dengan daun jati dan masak lagi dengan api kecil hingga santan mengering.
  7. Angkat dan sajikan!

Tips Hari Ini

  • Saat akan merebus nangka muda, pastikan anda membuat susunan nangka,lengkuas, lalu masukkan nangka lagi. Ini bertujuan agar lengkuas bisa terasa pada nangka mudanya.
  • Buatlah santan kental dengan menggunakan kelapa yang diparut, bukan yang instan. Karena rasanya akan berbeda.
  • Untuk mendapatkan rasa gudeg Jogja yang khas, akan lebih baik jika menggunakan periuk/kendil dari tanah liat, lalu dimasak dengan tungku kecil.
  • Sajikan gudeg Jogja dengan nasi dan sambal krecek.
Begitulah resep serta proses membuat gudeg Jogja. Butuh waktu sekitar kurang lebih 3 jam untuk membuatnya. Menu masakan tradisional ini proses pembuatannya memang butuh kesabaran agar menghasilkan rasa gudeg yang enak. Oleh karena itulah kami merekomendasikan untuk membeli gudeg Jogja dari penjual yang sudah sepuh, atau setidaknya sudah memiliki nama. Karena gudeg adalah resep turun-temurun yang sudah diwariskan dari nenek moyang. Jadi tidak ada salahnya untuk tetap melestarikan budaya dan juga sejarah kuliner Indonesia.

Oke, pada kesempatan kali kami itulah ide resep masakan yang bisa kami bagikan. Terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

About The Author

Hello, I am an web designer/developer from Melbourne, Australia. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium .