ads-unit

Selain Jeruk, Inilah 9 Buah Yang Mengandung Vitamin C Terbanyak

1
Wajarnya orang yang ditanyai tentang buah apa yang paling banyak mengandung vitamin C adalah buah jeruk. Memang tidak salah jika jeruk memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak, seperti dilansir dari dechacare.com, kandungan vitamin C pada buah jeruk sangat beragam antarvarietas, tetapi umumnya berkisar antara 27-49 mg/100 gram daging buah.

Sari buah jeruk mengandung 40-70 mg vitamin C per 100 ml, tergantung ada jenis jeruknya. Makin tua buah jeruknya, maka makin berkurang kandungan vitamin C-nya, akan tetapi akan semakin manis rasanya.

buah yang mengandung vitamin C terbanyak

Meskipun kandungan vitamin C pada jeruk cukup banyak, akan tetapi masih ada buah lain yang kandungan vitamin C-nya lebih banyak daripada jeruk. Jadi bagi anda yang memerlukan asupan vitamin C, anda memiliki alternatif lain selain buah jeruk.

Berikut adalah 9 buah yang kaya akan vitamin C selain jeruk:

1. Delima

Dalam satu buah delima bisa menyimpan 40% dari kebutuhan vitamin C harian anda. Selain itu buah delima juga mengandung folat, kalium, niasin, vitamin A dan E. Vitamin C atau yang biasa disebut dengan asam arkobat didalam buah delima ukuran sedang bisa mencapai 29 mg vitamin C, atau setara dengan 48% asupan harian vitamin C yang disarankan.

Dalam delima juga terkandung antosianidin, yaitu antioksidan dan anti-iflamasi yang menurunkan kolesterol, tekanan darah, melindungi gigi, mencegah osteoartritis, alzheimer, leukimia, dan kanker payudara.

Selain itu, satu buah delima ukuran sedang mengandung 11 gram serat atau setara dengan 45% serat harian yang dibutuhkan tubuh. Fungsi serat dalam buah ini sangat bermanfaat untuk mengeluarkan racun akibat proses pencernaan dan mencegah sembelit.

2. Pepaya

Di Indonesia sendiri, buah pepaya sangat mudah ditemukan. Masih banyak masyarakat yang menanamnya dikebun. Dan harga buah ini memang terbilang murah daripada buah yang lain.

Meskipun terbilang buah yang murah. akan tetapi kandungan vitamin C pada buah pepaya ternyata melebih kandungan vitamin C pada jeruk. Buah pepaya memiliki kandungan vitamin C sebanyak 90 mg per 100 gramnya.

Selain itu, buah pepaya kaya akan folat, karotenoid, dan satu-satunya sumber papain, papain adalah sebuah enzim percernaan alamai yang membantu mencerna protein.

3. Apel

Jika dibandingkan dengan jeruk, buah apel memiliki kandungan vitamin C yang lebih sedikit, kandungan vitamin C pada buah apel mencapai 5 mg per 100 gramnya.

Akan tetapi, buah apel memiliki kandungan lain seperti flavoid, antioksidan yang mampu mengurangi resiko penyakit jantung, stroke, dan kanker.

Sebuah apel berukuran sedang juga memiliki 80 kalori, sehingga buah ini baik untuk diet anda.

4. Kiwi

Dengan berat yang sama, buah kiwi memiliki kandungan vitamin C dua kali lipat lebih banyak daripada buah jeruk. Diketahui bahwa kiwi yang berwarna kuning memiliki kandungan vitamin C sebanyak 93 mg, dan memiliki nutrisi yang lebih tinggi daripada kiwi berwarna hijau.

Selain mengandung vitamin C, buah kiwi juga kaya akan kandungan magnesium, kalium, vitamin A dan E, dimana kandungan-kandungan ini sangat penting bagi kesehatan tubuh.

5. Strawberry

Didalam satu porsi buah strawberr 147 gram mengandung vitamin C sebanyak86,5 mg, dengan kandungan sebanyak itu, cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian anda.

Selain kandungan vitamin C yang banyak pada buah strawberry, diketahui bahwa mengkonsumsi buah strawberry setiap harinya dapat membantu untuk mengendalikan diabetes tipe 2 dan mencegah penyakit jantung.

6. Jambu biji

Buah yang terkenal bisa melancarkan pencernaan ini ternyata memiliki kandungan vitamin C hingga 228 mg per 100gram buah atau hampir lima kali lipat dibandingkan jeruk. 100 gram jambu biji kira-kira hanya seukuran 1 buah jambu biji ukuran sedang. Itu pun sudah mencukupi kebutuhan harian vitamin C sebanyak dua setengah kali lipat.

Selain buahnya, daun jambu biji juga terkenal bisa mengobati gangguan pencernaan seperti diare, sama seperti buahnya.

7. Anggur

Buah anggur juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi untuk ukuran !00 gramnya. Dalam 100 gram buah anggur mengandung 10,8 mg vitamin C.

Dan khusus untuk buah anggur merah, memiliki kandungan zat besi, kalium, serat, dan beragam antioksidan yang melimpah.

8. Kelengkeng

Buah tropis asal Asia Tenggara dan Asia Selatan ini telah dinyatakan terancam hampir punah oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN), lembaga investaris status konservasi spesies biologi dunia paling kredibel. 

Untuk di Indonesia sendiri, pohon kelengkeng masih dilestarikan dan buahnya masih mudah dicari dan dinikmati. Beruntung juga karena kandungan vitamin C yang terdapat pada 100 gram lengkeng mengandung 84mg atau 1,75 kali lipat dibandingkan jeruk.

9. Leci

Di Indonesia sendiri buah leci masih bisa ditemukan, meskipun tidak terlalu banyak penjual buah yang menjualnya. Kebanyakan buah leci dijadikan bahan tambahan untuk dessert atau makanan penutup.

Buah yang memiliki aroma wangi dan rasanya agak masam ini ternyata kaya akan vitamin C hingga mencapai 71 mg per 100 gramnya.

Demikianlah 9 buah yang memiliki kandungan vitamin c terbanyak selain buah jeruk. Untuk mengisi asupan vitamin C bagi tubuh anda, anda bisa mengganti buah jeruk dengan 9 buah yang selain kaya akan vitamin C, juga kaya akan zat-zat lain yang dikandungnya.


About The Author

Hello, I am an web designer/developer from Melbourne, Australia. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium .

1 comments: