ads-unit

Waspadalah! Pola Makan Buruk Bisa Menyebabkan Kematian

0
Pola makan yang yang buruk alias tidak sehat pastinya akan memberikan dampak negatif terhadap kesehatan tubuh. Pola makan yang tidak sehat bisa menyebabkan tubuh menajdi mudah terserang penyakit, mudah lemas dan kurang bertenaga, bahkan bisa menjadi salah satu penyebab kematian.

Melansir dari kompas.com, sebuah studi dari The Global Burden of Disease mengungkapkan bahwa satu dari lima kematian di seluruh dunia pada tahun 2016 disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. Pola makan buruk yang dimaksudkan ialah seperti kurang nya asupan serelia utuh, buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian serta minyak ikan dan tinggi garam.

pola makan buruk memicu kematian

Dalam sebuah studi yang dimuat dalam jurnal medis The Lancet, setidaknya ada 10 faktor penyebab kematian, diantaranya yakni kadar gula darah tinggi, hipertensi, kolesterol tinggi, serta indeks masa tubuh tinggi.

Faktor-faktor tersebut sangat berkaitan erat dengan pola makan seseorang. Selain itu, faktor kebiasaan yang tidak sehat juga menjadi pemicunya. Jika terus dibiarkan akan menjadi penyebab kematian.

Menurut ketua peneliti Dr. Christopher Murray, direktur Institute of Health Metrics and Evolution (IHME) di Universitas Washington menyatakan bahwa kebanyakan orang tidak menyadari pola makan mereka, Ketidak sadaran akan pola makan inilah yang menjadi salah satu masalah besar di dunia.

Dari hasil penelitian itu juga diungkapkan bahwa usia harapan hidup lebih tinggi, tapi periode sakitnya justru lebih banyak. Dr. Christopher Murray mengatakan, "Kematian adalah motivator yang kuat, baik untuk individu atau negara untuk mengatasi penyakit yang menjadi pembunuh utama. Tetapi kita seperti kurang peduli untuk mengatasi masalah yang memicu penyakit."

Memang ada banyak kebiasaan kita yang akan berdampak buruk bagi tubuh, misalnya seperti mengasup makanan yang berlemak dan tinggi kalori, merokok, ataupun minuman beralkohol.


Untungnya tubuh kita mempunyai cara untuk memberi tahu kita bahwa pola makan yang kita lakukan itu salah. Tubuh kita memberi tahu kita dengan adanya gejala-gejala sebagai berikut: 

1. Rambut rusak

Rambut yang kaku dan mudah rontok adalah salah satu tanda bahwa anda memiliki pola makan yang tidak sehat. Fakta menyebutkan bahwa folikel rambut adalah bagian pertama yang akan menderita karena disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. 

Diet yang terlalu ketat sampai kelaparan yang menyebabkan kekurangan protein dan kondisi lain seperti kekurangan asam lemak, vitamin C, zinc, dan zat besi menyebabkan rambut menjadi kaku dan mudah rontok.

2. Nyeri gigi dan gusi

Jika anda sering mengalami nyeri pada gigi dan gusi yang sering berdarah, itu tandanya anda mempunyai pola makan dan kebiasaan yang tidak sehat. Biasanya merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol dapat menyerang kesehatan mulut.

Konsumsi gula berlebih bisa juga menjadi salah satu pemicu penyakit mulut. Konsumsi gula berlebih akan memicu timbulnya plak dan lama kelamaan gigi akan berlubang.

3. Kerutan

Kulit berkeriput akan menjangkiti siapa saja yang sudah berumur, akan tetapi kerutan-kerutan akan cepat muncul di kulit jika kita memiliki pola makan yang tidak sehat. Namun penuaan dini ini bisa dihindari dengan menghilangkan kebiasaan buruk seperti merokok dan minuman beralkohol.

Menurut studi dari Universitas State Oregon mengungkapkan bahwa cara terbaik untuk menjaga kulit tetap sehat adalah dengan mengasup makanan tinggi vitamin A, C, dan D serta antioksidan. Studi tersebut juga menyarankan untuk mengkonsumsi 5 porsi sayur dan buah untuk pola makan sehat.

4. Gangguan pencernaan

Jika perut sering tidak nyaman setelah makan, seperti misalnya merasa nyeri, kembung, mulas, dan sulit buang air besar itu pertanda bahwa pola makan anda buruk.  Salah satu penyebab pencernaan buruk ialah karena kita kekurangan asupan serat, oleh karena itulah, kita direkomendasikan untuk mengasup serat sebanyak 25-35 gram setaip harinya.

5. Berat badan tidak stabil

Pola makan yang tidak sehat bisa menyebabkan kekurangan gizi sehingga bisa menyebabkan berat badan turun dengan cepat akibat penyakit. Sementara itu, berat badan yang naik akibat konsumsi makanan tinggi lemak dan kalori tapi minim nutrisi juga bisa menjadi salah satu gejala pola makan buruk.

6. Luka sulit sembuh

Orang yang tidak memiliki pola makan sehat umumnya akan kekurangan nutrisi, sehingga tubuh yang memiliki luka, akan lama sembuhnya, meskipun itu hanya luka kecil ataupun goresan. 

Pastikan anda tidak memakan makanan yang tinggi kalori tapi rendah nutrisi dan vitamin. Oleh karena itulah, anda perlu rajin mengkonsumsi buah-buahan, sayur, dan lemak yang sehat.

7. Mudah sakit

Mudah sakit juga menjadi pertanda bahwa anda harus mulai mengubah pola makan dan gaya hidup anda. Kurangilah makanan yang tidak sehat dan perhatikan aktifitas serta rutinitas tidur anda.

Jika anda sudah mengalami gejala-gejala tersebut, mulailah untuk mengevaluasi gaya hidup anda dan pola makan anda, segeralah berkonsultasi dengan dokter tentang pola makan yang sehat.

About The Author

Hello, I am an web designer/developer from Melbourne, Australia. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium .