ads-unit

Resep Cara Membuat Es Cendol Istimewa Enak

0
Resep Cara Membuat Es Cendol Istimewa - Es cendol adalah salah satu aneka minuman segar yang terbuat dari bahan dasar tepung beras. Paduan cendol dan sirup gula merah akan membuat es cendol ini segar untuk dinikmati bersama keluarga.

Minuman es cendol sendiri sudah menjadi salah satu menu minuman nusantara, sehingga banyak bertebaran resep es cendol di dunia maya, salah satunya adalah resep es cendol istimewa dan enak yang saya buat.
resep es cendol, cara membuat es cendol

Es cendol memang nikmat jika disajikan ketika panas terik di siang hari, apalagi jika es cendol ini dijadikan menu pembuka ketika berbuka puasa, pastinya akan lebih nikmat lagi dong.

Dipinggir jalan, kita bisa menemukan penjual es cendol dengan mudah, karena saking banyaknya, tapi ada sebagian penjual yang menggunakan bahan yang tidak sehat alias menggunakan sari manis yang terlalu banyak, sehingga tidak sehat untuk kesehatan. Tapi, tidak semuanya penjual menggunakan sari manis, ada juga penjual yang menggunakan bahan yang sehat dan mengutamakan kualitas dari resep es cendol yang ditawarkan.

Nah, daripada membeli es cendol dipinggir jalan yang belum tentu sehat, kenapa kita tidak buat sendiri dirumah? Toh, cara membuat es cendol istimewa ini sangat mudah dan pastinya, dengan membuat sendiri dirumah akan jauh lebih higienis dan tentunya lebih sehat untuk keluarga dan anak-anak anda.

Berikut adalah bahan-bahan dan cara membuat es cendol istimewa beserta resep yang bisa anda pelajari.


Resep Es Cendol Istimewa Enak

Bahan Utama Es Cendol Istimewa


  • 150 gram tepung beras
  • 20 lembar daun suji
  • 1/2 liter santan matang cair
  • 1/4 Kg gula merah
  • 1 lembar daun pandan
  • 1 sendok makan air kapur sirih
  • 1 sendok makan pasta pandan
  • Es batu atau es serut secukupnya
  • Air matang secukupnya

Bahan Tambahan Es Cendol Istimewa


  • 1 bungkus kecil tape ketan
  • Buah nangka secukupnya (potong dadu)
  • Buah alpukat secukupnya (serut)


Cara Membuat Es Cendol Istimewa Enak

Langkah Membuat Cendol


  1. Tumbuklah daun suji sampai halus dan rendam dengan segelas air.
  2. Campur tepung beras, air kapur sirih, pasta pandan dan air daun suji dan tambahkan segelas air lalu masak sampai terlihat mengental lalu angkat.
  3. Saring hasil rebusan tadi kedalam baskom dengan menggunakan saringan cendol atau saringan yang memiliki lobang cukup besar, berikan air matang dan es secukupnya, dan jadilah cendol.

Langkah Membuat Saus Gula


  1. Rebus gula jawa dengan air secukupnya dan tambahkan daun pandan.
  2. Setelah matang angkat dan saring menggunakan saringan teh.

Cara Menyajikan Es Cendol Istimewa Enak


  1. Siapkan gelas / mangkuk, masukkan es batu,cendol, tape ketan,irisan buah nangka dan serutan buah alpukat sesuai selera. 
  2. Lalu tambahkan santan sampai hampir penuh dan berikan 3 sendok makan saus gula.
  3. Es Cendol Istimewa siap untuk disajikan.

Demikianlah resep dan cara membuat es cendol istimewa nan enak. Semoga resep ini bisa menambah ide kuliner anda untuk disajika kepada keluarga. Sekian dan selamat mencoba.

About The Author

Hello, I am an web designer/developer from Melbourne, Australia. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium .