ads-unit

Simak Cara Menyimpan Teh Yang Benar Ini Agar Tetap Terjaga Kualitasnya

0
Cara menyimpan teh yang benar agar terjaga kualitasnya - Selain kopi, teh adalah salah satu minuman yang disukai semua orang, bahkan mereka yang tidak suka meminum kopi akan beralih untuk mengonsumsi teh.

Maka tak heran jika ada banyak jenis teh yang bisa kita temukan , mulai dari teh hitam, teh hijau, teh oolong dan lain sebagainya dengan berbagai manfaat yang ditawarkan oleh teh.

Nah, biasanya para ibu rumah tangga pasti menyediakan teh untuk persediaan di rumah, dan terkadang mereka membeli teh dalam jumlah yang cukup besar untuk persediaan.

cara menyimpan teh yang benar

Sayangnya, terkadang banyak dari para ibu rumah tangga yang mengabaikan cara menyimpannya dikarenakan bentuk teh yang seringnya dalam bentuk celup maupun teh seduh yang kering dan tidak berupa bubuk seperti kopi.

Padahal, jika kita mengabaikan cara menyimpan teh ini akan menyebabkan aroma, rasa, dan kesegaran teh akan berkurang. Teh membutuhkan tempat khusus untuk menyimpannya untuk menjaga kualitas dan keawetannya.

Menurut seorang tea sommelier Indonesia, Bambang Larensolo seperti yang dimuat oleh Kompas.com (6/12/17) menyatakan bahwa ada lima hal yang sangat menentukan dalam penyimpanan teh, yaitu cahaya, bau menyengat, oksigen, kelembaban, dan cahaya matahari.

Menurut Bambang, untuk menyimpan teh dalam jangka waktu panjang adalah di tempat dengan pendingin ruangan dan suhu yang konstan seperti kulkas. Namun kendalanya, ketika dikeluarkan dari kulkas akan terjadi pengembunan di permukaan tempat teh tersebut dan menimbulkan kelembaban. Tapi ini hanya berlangsung sementara, setelah teh diambil untuk diseduh, maka pengembunan selesai. Daripada dibiarkan lama di suhu ruangan.

Lebih lanjut, Bambang juga memberikan tips untuk menyimpan teh didalam kulkas, yaitu dengan menggunakan kantung plastik atau alumunium foil kecil.

Jika menginginkan menyimpan teh dalam jangka waktu yang lama, Bambang menyarankan untuk menyimpan teh didalam freezer. Meskipun disimpan dalam jangka waktu 3-6 lamanya, akan tetap terjaga kualitasnya ketika disimpan didalam freezer.

Seperti yang dimuat oleh TheKitchn yang dilansir oleh food.detik.com, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga, rasa, aroma, dan kesegaran teh yang disimpan dalam jangka waktu yang lama. Berikut adalah beberapa langkah yang harus anda lakukakan untuk menyimpan teh.

1. Mencegah dari paparan udara

Menurut Johannsen Stewart, co-founder dari Bellocq Tea Atelier di Brooklyn, oksigen akan cepat menurunkan kualitas dari daun teh.

Ia menyarankan untuk selalu menympan teh di dalam wadah kedap udara seperti toples yang tertutup rapat atau wadah dengan perekat yang digulung rapat.

2. Hindari cahaya dan panas

Menurut Steve Schwartz, pendiri The Art of Tea Los Angeles, sangat tidak jika menyimpan teh di dalam lemari di atas oven dapur. namun jika disimpan dalam wadah yang rapat di suhu ruangan biasa justru lebih cocok. Akan lebih baik lagi jika disimpan dalam wadah kaleng daripada wadah bening yang mudah terkena cahaya.

3. Jauhkan dari bau-bauan yang tajam

Banyak ibu rumah tangga yang menyimpan teh bersama dengan bahan-bahan dapur lainnya. Padahal bau-bauan rempah dapur yang beraroma tajam dapat mencemari aroma teh.

Teh memiliki aroma khas yang alami, inilah yang menyebabkan aroma teh dapat menyerap aroma kuat yang menyengat. Seperti misalnya bubuk kari meskipun sudah disimpan dalam wadah yang kedap udara. Jadi simpanlah teh di tempat yang memiliki aroma netral, seperti di dekat biji-bijian atau makanan kaleng.

About The Author

Hello, I am an web designer/developer from Melbourne, Australia. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium .