ads-unit

Resep Kue Cucur Gula Merah

0
Resep kue cucur gula merah - Seperti yang banyak kita ketahui bahwa kue cucur gula merah adalah salah satu kue basah tradisional asli Indonesia yang mulai mengkhawatirkan keadaannya karena sudah mulai sulit dijumpai dan mulai tergeser dengan kue basah modern.

Kue cucur seringkali kita temui dalam budaya Indonesia sendiri, misalnya disajikan saat acara adat budaya tertentu di Betawi atau bahkan di daerah-daerah lain.

resep kue cucur gula merah

Ada beberapa jenis kue cucur yang bisa kita temui tergantung daerah mana yang membuatnya dan kreatifitas dari pembuatnya sendiri. Seperti misalnya kue cucur gula merah, kue cucur pandan dan lain sebagainya.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membuat kue cucur gula merah yang tentunya berdasarkan resep original dari kue cucur itu sendiri.

Kue cucur yang rasanya manis, lembut ditengah dan renyah di bagian pinggirnya ini menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan, akan tetapi cara membuatnya butuh ketelatenan dan kesabaran agar mendapatkan hasil yang sempurna. Okelah tak perlu berlama-lama, yuk ikuti resep berikut ini.

Resep Kue Cucur Gula Merah


Bahan-bahan


  • 135 gram tepung beras rose brand
  • 115 gram tepung terigu segitiga biru
  • 150 gram gula merah
  • 320 ml air
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya


Cara Membuat Kue Cucur Gula Merah


  1. Sisir gula merah tambahkan air 320ml dan daun pandan masak dengan api sedang aduk2 hingga gula merahnya meleleh dan diamkan hingga mendidih (harus benar-benar mendidih), lalu matikan api, sisihkan, setelah itu diamkan hingga hangat.
  2. Campur tepung beras,tepung terigu dan garam pada 1 wadah, lalu tuangkan gula merah yang masih hangat sedikit demi sedikit sambil diaduk, kemudian aduk hingga rata dan saring.
  3. Kocok menggunakan mixer dengan kecepatan sedang adonan Cucur -/+ 10menitan, kemudian istirahatkan adonan minimal 1jam.
  4. Panaskan kuali, tambahkan sedikit minyak goreng lalu panasakn dengan api kecil, tunggu hingga minyak benar-benar panas. 
  5. Setelah itu baru masukkan adonan (1sendok sayur=50ml) biarkan hingga cucur membentuk serat / sarang.
  6. Ketika serat sudah hampir terbentuk semua/seratnya sudah ke tengah, siram-siramlah dengan minyak dan puter-puter cucurnya kemudian balikkan (dibalik 1 kali saja)
  7. Angkat dan sisihkan pada kertas minyak, lakukan hingga adonan habis.
  8. Sajikan cucur gula merah dengan minuman hangat, cucurnya wangi gula merah akan lebih nikmat jika disantap ketika masih hangat.


Tips Menu Hari Ini


  • Jika minyak untuk menggoreng sudah mulai habis dan adonan masih tersisa, tambahkanlah minyak goreng seperti pada cara pertama. Membuat cucur memang membutuhkan banyak minyak goreng untuk mematangkannya.
  • Pakailah kuali yang cekung ke dalam untuk menggoreng kue cucur gula merah dan minyak secukupnya saja, agar nantinya cucur bisa berbentuk sempurna.
  • Saat memasak gula merah harus benar-benar mendidih dan diamkan hingga hangat ( jangan dingin dan tidak terlalu panas alias suam-suam kuku saja, karena jika terlalu panas akan membuat tepung beras menjadi matang duluan.
  • Karena cucur tidak memakai baking powder, baking soda dn juga tidak menggunakan fermipan jadi harus di kocok dan adonan mesti diistirahatkan/didiamkan, agar nantinya ketika kue cucur digoreng bisa keluar serat secara alami.
  • Biar serat bagus dan matang sempurna, api kompor cenderung kecil saja dan sebelum menggoreng adonannya harus diaduk dan kocok sebentar dengan sendok sayur, baru kemudian ambil 1 sendok sayur terus goreng dengan minyak goreng yang benar-benar sudah panas.
  • Semisalnya anda menggoreng tapi tidak mengembang, jangan sesekali tambahkan air atau tepung, karena nantinya adonan langsung bantat dan rusak. Cobalah diamkan beberapa jam lagi saja atau semalaman, baru bisa digoreng.


Demikianlah resep kue cucur gula merah dan cara membuatnya. Jngan takut untuk mencoba membuatnya, karena membuat kue cucur gula merah sama saja dengan melestarikan adat dan budaya tradisional Indonesia. Sekian dan selamat mencoba.

About The Author

Hello, I am an web designer/developer from Melbourne, Australia. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium .