ads-unit

Jangan Berlebihan! Inilah Takaran Aman Konsumsi Kafein Setiap Harinya

0
Anda pecinta kopi? Atau bahkan sudah menjadi candu dalam keseharian anda? Tapi, tahukah anda jika mengonsumsi kopi ada batasannya? Kadang bagi orang yang tidak lepas dari kopi sering lupa batas aman konsumsi kafein setiap harinya. Padahal, mengonsumsi kafein terlalu berlebihan bisa mengganggu kesehatan. Benarkah?


Menurut sebuah temuan yang diterbitkan dalam jurnal Food and Chemical Toxicology yang mana telah meninjau 740 studi tentang efek samping kafein pada manusia menyatakan bahwa mengonsumsi kafein secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah bagi tubuh.

Mulai dari kegelisahan, susah tidur, hingga gagal jantung. Selain itu konsumsi kafein secara berlebihan dapat menimbulkan efek yang mempengaruhi kesehatan tulang, otak dan alat reproduksi. Bahkan, terlalu banyak asupan kafein pada tubuh bisa juga menimbulkan kematian. 

Akan tetapi, anda tak perlu khawatir untuk mengonsumsi kafein. Asal mengonsumsi kafein sesuai takaran yang dianjurkan, justru kafein akan memiliki banyak manfaat bagi tubuh, sebagaimana kopi yang kita minum setiap harinya,  jika disajikan dengan cara yang baik dan takaran yang sesuai. 

Sebagaimana diungkapkan oleh Dr Eric Hentges, executive director of the International Life Sciences Institute (ILSI) yang menuliskan penelitian bahwa jika kadar asupan kafein tidak berlebihan, maka tidak ada efek samping sama sekali bagi kesehatan. 

Jadi, sebenarnya berapakah takaran aman untuk mengkonsumsi kafein setiap harinya? 

Menurut sebuah studi terbaru, batas aman mengkonsumsi kafein adalah 400 miligram kafein atau sekitar 4 cangkir kopi sehari. Namun takaran ini tidak berlaku bagi ibu hamil, yang tidak diperkenankan lebih dari 3 cangkir per harinya. Jadi semoga takaran ini cukup untuk anda.

About The Author

Hello, I am an web designer/developer from Melbourne, Australia. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium .