ads-unit

Jangan Telat! Ada Batas Waktu Menyimpan Daging Dalam Kulkas

0
Pada dasarnya, banyak penjual daging yang menjual daging sapi yang masih fresh alias baru saja disembelih dan dipotong-potong sesuai ukuran, jika anda membelinya di pasar tradisional atau tempat jagal. Namun, ada juga daging sapi yang dijual secara kemasan, seperti di supermarket dalam kondisi beku atau biasa disebut dengan chilled meat atau frozen meat.

Chilled meat atau frozen meat adalah daging segar yang dijual dalam kondisi beku. Namun, meskipun sama-sama dibekukan, chilled meat dan frozen meat berbeda sushu bekunya. Jika chilled meat dibekukan pada suhu antara 2 derajat celcius sampai 4 derajat celcius. Sedangkan frozen meat dibekukan dalam suhu dibawah minus 15 derajat celcius. 


Karena sama-sama dibekukan, ada batasan waktu yang perlu diperhatikan ketika menyimpan daging di dalam kulkas. Masing-masing jenis daging juga memiliki maksimum waktu menyimpan daging didalam kulkas. Beda jenis daging, beda pula waktu maksimum penyimpanannya. 

Sebagaimana yang dilansir dari laman liputan6.com, berikut adalah batas waktu penyimpanan daging di dalam kulkas berdasarkan jenis dagingnya:


  • Sosis homemade tanpa pengawet, daging cincang, daging irisan tumis dapat disimpan selama 2 hari didalam kulkas.
  • Untuk daging steak dan daging panggang atau roast dapat disimpan selama 2 hingga 3 hari.
  • Daging cornet atau corned beef segar/bukan kalengan bisa di simpan selama seminggu.
  • Daging dalam kemasan kedap udara yang belum dibuka dari kemasannya dapat disimpan selama 4 hingga 6 minggu.

Tips Membeli Daging Kemasan


  • Untuk membeli daging yang akan anda simpan didalam kulkas, pastikan anda memilih daging yang dikemas secara rapat dan tidak ada cairan yang keluar dari kemasan.
  • Sentuh bagian atas kemasan untuk memastikan daging masih dalam dingin atau beku.
  • Selalu perhatikan tanggal kadaluarsa yang tertera di kemasan, karena mengonsumsi daging yang paling baik adalah sebelum tanggal kadaluarsa.
  • Ketika belanja di supermarket, mulailah dengan mengambil barang belanjaan selain makanan, seperti daging. Daging adalah barang yang harus anda ambil paling akhir.
  • Setibanya dirumah, segera masak daging tersebut atau masukkan segera ke dalam kulkas jika anda ingin menyimpannya.

About The Author

Hello, I am an web designer/developer from Melbourne, Australia. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium .