ads-unit

Jangan Salah! Begini Cara Menyimpan Beras Agar Bebas Kutu dan Jamur

0
Sudah kita ketahui bersama bahwa makanan pokok bagi sebagian besar orang Indonesia adalah nasi. Karena itulah, tidak sedikit orang yang membeli beras dengan jumlah yang cukup banyak untuk stock di rumah, karena harganya pasti jauh lebih murah jika beli banyak. Para petani pun juga pastinya menyimpan persediaan beras untuk dikonsumsi sendiri sebelum dijual.

cara menyimpan beras agar bebas kutu dan jamur

Oleh sebab itulah, mau tidak mau, kita harus menyimpan beras dalam jangka waktu yang cukup lama sebelum dikonsumsi. Namun, jika tidak berhati-hati dalam menyimpannya, beras beresiko berkutu dan berjamur. 

Pastinya anda tidak mau kan jika beras yang akan anda masak justru berkutu dan berjamur? Karena kutu dan jamur yang bersarang didalam beras akan mempengaruhi kualitas beras yang akan dikonsumsi. 

Meskipun ada sebagian masyarakat yang tidak memperdulikan hal tersebut. Namun, tetap saja rasa nasi yang dihasilkan dari beras yang tidak berkualitas kurang nikmat. Sudah begitu, harga beras pastinya akan menurun karena kualitas juga menurun.

Lalu bagaimana cara menyimpan beras agar bebas kutu dan jamur?


Sebetulnya cara menyimpan beras agar bebas kutu dan jamur cukup mudah dilakukan. Selain dengan menjaga kebersihan beras, anda bisa memanfaatkan daun jeruk purut. Caranya, tumbuk sekitar 50 gram atau 10 lembar daun jeruk purut, lalu masukan ke dalam tempat penyimpanan beras. 

Tumbukan daun jeruk purut bisa mengusir kutu karena aromanya, dan beras juga akan berorama harum saat dimasak. Akan tetapi, tumbukan daun jeruk purut ini sama sekali tidak mempengaruhi rasa dan kelezatan nasi nantinya.

Selain menggunakan tumbukan daun jeruk purut, anda juga harus memperhatikan tempat penyimpanan beras. Jangan lalai untuk selalu membersihkan tempat penyimpanan secara rutin. Karena jika terlalu kotor, beras akan lebih mudah terserang jamur dan kutu.

Demikianlah cara menyimpan beras agar bebas kutu dan jamur. Sangat mudah bukan? Dengan menyimpan beras dengan baik, pastinya akan menjaga rasa dan kualitas beras tersebut. Selain itu, beras akan bebas dari serangan kutu dan jamur. Semoga bermanfaat.

About The Author

Hello, I am an web designer/developer from Melbourne, Australia. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium .