ads-unit

Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan - Manfaat

0
Seperti yang sudah kami sebutkan di artikel sebelumnya bahwa setiap bahan makanan pasti memiliki manfaat yang terkandung didalamnya.Tidak terkecuali daun pandan, karena selain memberikan fungsi yang penting bagi masakan anda, anda juga bisa mendapatkan manfaat dengan menggunakan daun pandan dengan cara yang tepat.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa daun pandan sering sekali dijadikan bahan untuk menambah aroma wangi masakan oleh kebanyakan masyarakat. Daun pandan yang masih banyak tumbuh liar di pedesaan ini memang menjadi favorit masyarakat untuk mengolah makanan ataupun aneka kue dan juga jajanan tradisional. Jadi tidak perlu diragukan lagi bahwa daun pandan juga memiliki segudang manfaat yang bisa dirasakan bagi kesehatan tubuh. Apa sajakah manfaat yang bisa kita dapat dari menggunakan daun pandan?

manfaat daun pandan untuk kesehatan

Seperti dilansir dari laman manfaat.co.id, berikut adalah manfaat menggunakan daun pandan untuk kesehatan.

1. Menetralisir Racun

Biasanya air yang bisa menetralisir racun adalah air kelapa, tapi ternyata air rebusan daun pandan atau teh daun pandan juga bisa menetralisir racun dalam tubuh. Tak hanya menetralkan saja, tapi juga membantu melepaskan racun dan juga kotoran dari tubuh.

2. Meringankan Gejala Rematik

Seseorang yang kelelahan biasanya mengalami pegal-pegal dan nyeri pada bagian tubuh, terutama bagian lutut. Dan ada juga yang sampai mengalami pembengkakan pada sendi. Itu adalah ciri-ciri atau tanda dari gejala rematik.

Daun pandan sendiri bisa meringankan sakit saat rematik dengan cara mengiris tipis-tipis daun pandan, setelah itu siapkan minyak kelapa panas lalu seduh dengan irisan daun pandan. Setelah dingin, ramuan tersebut bisa dijadikan minyak gosok dan balurkan ke bagian tubuh yang sakit.

3. Menambah Nafsu Makan

Memang selain enak untuk makanan, daun pandan ternyata bisa menambah nafsu makan seseorang. Biasanya anak-anak yang sulit makan bisa dibuatkan ramuan ini. Cara untuk membuat ramuannya adalah rebus daun pandan dengan air sampai mendidih. Setelah itu campurkan sedikit madu atau gula. Lalu minum selagi hangat, itu akan menambah nafsu makan anda atau anak-anak anda.

4. Menurunkan Demam

Selain menambah nafsu makan seseorang, ternyata rebusan air pandan bisa menurunkan demam seseorang. Ini dikarenakan rebusan pandan terasa adem diperut, sehingga tubuh yang sedang melawan infeksi dan mengalami peningkatan suhu tubuhpun bisa turun demamnya secara perlahan dengan meminum rebusan pandan.

5. Mengatasi Perut Kram

Perut kram terjadi karena adanya masalah pencernaan dan adanya infeksi dalam usus. Dan rebusan pandan bisa mengatasi hal tersebut. Minumlah secara rutin untuk mengatasi rasa sakit pada perut.

6. Melancarkan Haid

Para wanita yang sedang mengalami haid tidak lancar biasanya akan mengalami kram yang berlebihan. Dan nyatanya haid sendiri adalah darah kotor yang memang harus dibuang dari tubuh. Dan rebusan daun pandan sendiri memang menetralisir racun dan jugamembantu  menghilangkan kotoran. Oleh  karena itu, minumlah rebusan daun pandan untuk melancarkan haid.

7. Mengatasi Insomnia

Secara umum Insomnia terjadi karena pikiran tidak tenang. Dan biasanya orang yang mengalami insomnia mengkonsumsi cokelat, karena memang cokelat bisa membuat pikiran tenang. Namun, ternyata tidak hanya cokelat yang bisa menenangkan pikiran. Daun pandanpun juga bisa digunakan untuk menenangkan pikiran. Ini dikarenakan adanya senyawa alkaloid (kandungan zat tanin) didalamnya. Caranya yaitu dengan meminum rebusan daun pandan dua kali sehari.

8. Mengatasi Kerontokan Rambut

Kerontokan rambut memang masih menjadi momok yang mengkhawatirkan bagi sebagian orang yang sudah beranjak umurnya. Oleh karena itu manfaatkanlah daun pandan dengan cara menumbuknya sampai halus, lalu oleskan ke kepala secara merata, setelah itu bilas dengan air. Lakukanlah hal tersebut setiap pagi, maka akar rambut anda akan semakin kuat.

9. Menghilangkan Ketombe dan Rasa Gatal di Kepala

Selain mengganggu penampilan, ketombe juga menyebabkan rasa gatal di kepala. Tapi tak perlu khawatir, karena anda bisa mengatasinya dengan cara menumbuk daun pandan yang dicampur dengan air, setelah itu usapkan secara merata dikepala anda sebelum keramas.

10. Mengobati Panu

Sudah jelas bahwa panu juga bisa merusak penampilan, apalagi jika panu tersebut terletak dibagian tubuh yang tidak tertutup pakaian, pastinya akan memalukan bukan? Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa membuat ramuan dari rebusan daun pandan dengan dicampur sedikit garam, lalu minumlah sekali sehari. Itu akan menyamarkan dan menghilangkan panu anda.

11. Mencegah Kanker

Sekian lama mengkonsumsi makanan, pastinya tanpa sadar kita telah menumpuk kotoran serta racun didalam tubuh. Dan karena daun pandan memiliki manfaat menetralisir racun, maka minumlah rebusan daun pandan secara rutin untuk menghilangkan racun yang berada didalam tubuh. Selain itu ramuan rebusan pandan yang sudah menjadi teh bisa menghambat zat karsinogen yang menajdi penyebab utama terjadinya kanker.

Itulah beberapa manfaat dari daun pandan yang bisa kami simpulkan dan kami beberkan kepada anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan keluarga. Terima kasih!

About The Author

Hello, I am an web designer/developer from Melbourne, Australia. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium .