ads-unit

Resep Kue Onde-Onde Wijen Empuk - Menu Hari Ini

0

Kue Onde-Onde Wijen Empuk



resep kue onde onde wijen

Selain di Indonesia, ternyata onde-onde juga masih eksis di negara yang lain. Di negara Cina onde-onde disebut dengan nama "matuan", sedangkan di negara Malaysia, kue ini disebut dengan sebutan kuih bom. Dan di negara Indonesia sendiri, ada banyak sekali varian rasa dari kue tradisional ini. Seperti misalnya onde-onde isi kacang hijau, onde-onde isi kacang merah dan lain sebagainya.

Meski berbeda penyebutannya, tetap saja bahan dasar dari membuat onde-onde ini tetap sama, yaitu menggunakan tepung ketan. Namun, yang berada di daerah Jakarta dan sekitarnya, menyebut onde-onde saja akan terasa umum. Kenapa? Karena onde-onde ada banyak jenis, seperti misalnya onde-onde pulut itu sama saja dengan kue klepon ketan isi gula merah. Tapi kali ini kita akan mencoba membuat onde-onde wijen empuk. Lalu apa saja bahan yang harus dipersiapkan dan bagaimana cara membuatnya? Yuk simak resep berikut ini!

Bahan Kulit Onde-Onde

  • 250 gram tepung ketan
  • 50 gram tepung kanji/tapioka
  • 70 gram gula pasir
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt garam
  • 150 ml air
  • 100 gram wijen

Bahan Isian Onde-Onde

  • 100 gram kacang tanah (sudah direbus sampai empuk dan ditumbuk)
  • 70 gram gula pasir
  • minyak goreng secukupnya

Cara Membuatnya

  1. Haluskan kacang tanah yang dicampur dengan gula didalam cobek atau blender. Lalu sisihkan.
  2. Aduk kembali hasil tumbukan kacang tanah tersebut dengan tangan yang sudah bersih atau dilapisi plastik, lalu buat bentuk bola-bola sesuai selera anda. Lakukan proses tersebut sampai kacang habis.
  3. Rebus air dengan gula sampai hangat-hangat kuku.
  4. Masukkan tepung ketan, tepung kanji, baking powder, garam dalam wadah, lalu aduk hingga tercampur rata.
  5. Masukkan rebusan air gula kedalam bahan adonan. Lalu aduk sampai adonannya kalis.
  6. Jika adonan sudah terbentuk dan kalis, ambil sedikit adonan lalu gepengkan. Setelah itu masukkan isian yang sudah dibulatkan didalamnya.
  7. Tutup dengan membulatkan adonannya. Lakukan proses tersebut sampai semua bahan habis.
  8. Gulingkan adonan diatas wijen sampai merata.
  9. Panaskan minyak goreng. Lalu goreng adonan onde-onde sampai berwarna kuning keemasan.
  10. Angkat lalu tiriskan.
Itulah menu hari ini, yaitu resep kue onde-onde wijen empuk. Cukup simpel bukan untuk dipraktekkan? Nah, sekarang saatnya anda yang mencobanya. Anda bisa berkreasi dengan isianya, Anda bisa menggunakan isian kacang hijau, kacang merah, coklat ataupun sesuai kreatifitas anda. Dan nantinya anda tidak akan bosan dengan isian yag itu-itu saja. Oke sampai disini dulu perjumpaaan kita kali ini. Sampai jumpa di resep berikutnya. Terima kasih dan selamat mencoba!

TIPS HARI INI!

  1. Jika anda ingin membuat onde-onde yang kulitnya bertekstur renyah, anda bisa mengganti tepung kanji dengan tepung beras. Karena tepung beras akan membuat tekstur onde-onde menjadi renyah dan sedikit keras.
  2. Jika anda menggunakan kacang hijau sebagai isian onde-onde, pastikan anda telah merendam kacang hijau selama 5-6 jam sebelum direbus. Agar nantinya kacang hijau bisa matang sempurna. 

About The Author

Hello, I am an web designer/developer from Melbourne, Australia. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium .