ads-unit

20 Resep Kue Talam | Kue Basah Tradisional

0
Mendengar kata kue talam pastinya anda sudah tahu bahwa kue ini adalah salah satu jajanan kue basah tradisional yang masih sering kita jumpai di pasar-pasar tradisional di seluruh Indonesia, dan sering juga kita temui kue talam sebagai sajian dikala acara hajatan ataupun acara keluarga.

Kue talam memang termasuk kue basah tradisional yang diolah dengan cara dikukus. Jadi tak heran jika rasa manis nan legit dan sensasi lembut dari kue talam begitu menggoda. Karena resep membuat kue talam umumnya banyak yang menggunakan ubi sebagai bahan dasarnya, meskipun ada juga yang terbuat dari tepung beras, tepung singkong (tapioka), tepung terigu, atau tepung sagu.

aneka resep kue basah tradisional | kue talam

Pada bulan puasa, kue talam merupakan salah satu menu buka puasa yang cukup populer dan biasanya banyak penjual kue talam yang menjajakan dagangannya sesaat sebelum buka. Harga dari satu buah kue talam pun begitu terjangkau. Jadi anda tak perlu khawatir jika anda akan membeli dalam jumlah banyak. 

Nah bagi anda yang ingin membuat sendiripun bisa, sebab proses pengolahan kue talam sendiri terbilang begitu praktis dan sederhana. Andapun bisa dengan mudah melakukan variasi pada kue talam ini, bahkan ada banyak jenis kue talam yang bisa kita temukan. Seperti misalnya kue talam yang rasanya manis yang terbuat dari ubi, jagung manis, pisang, dan lain sebagainya. Dan ada juga kue talam yang rasanya gurih dengan bahan seperti abon, ayam, ikan dan lain sebagainya.

Nah, jadi pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan 20 resep kue talam yang bisa anda coba praktekan dirumah. Berikut adalah 20 resep kue talam:

1. Resep Kue Talam Jagung Manis


Rasa legit nan lembut dari kue talam serta renyahnya paduan jagung manis, membuat kue talam jagung manis sangat memanjakan lidah.


Berikut adalah resep kue talam jagung manis:


2. Resep Kue Talam Ubi


Kue talam ubi adalah kue talam yang paling sering kita jumpai selain kue talam jagung manis. Bahan dasar yang digunakan pun bisa bervariasi, seperti misalnya memakai ubi kuning, ubi cilembu, ubi ungu, dan lain sebagainya.


Berikut adalah resep kue talam ubi:


3. Resep Kue Talam Kacang Hijau


Kue talam yang terbuat dari kacang hijau memiliki rasa yang cukup unik. Rasa manis nan lembut masih bisa kita rasakan dari kue talam yang terbuat dari kacang hijau ini. Namun, proses pembuatannya cukup memakan waktu.


Berikut adalah resep kue talam kacang hijau:


4. Resep Kue Talam Roti Tawar


Roti tawar memang terkenal sebagai bahan makanan yang mudah sekali diaplikasikan dengan bahan-bahan lainnya. Anda bisa menggunakan roti tawar untuk membuat klappertaart, roti bakar dan lain sebagainya. Nah, ternyata roti tawar juga bisa menjadi bahan untuk membuat kue talam lho. Penasaran?


Berikut adalah resep kue talam roti tawar:


5. Resep Kue Talam Pisang


Pisang adalah salah satu buah yang sangat bermanfaat dan paling mudah ditemukan di Indonesia. Olahan masakan dari bahan pisang juga begitu banyak, seperti misalnya pisang goreng crispy atau pisang nugget. Nah, daripada ada banyak pisang di rumah tapi tidak digunakan, mending dibuat kue talam.


Berikut adalah resep kue talam pisang:


6. Resep Kue Talam Tape


Makanan fermentasi yang satu ini memang sangat populer di Indonesia. Tape atau juga disebut dengan tapai ini adalah makanan yang difermentasi dengan ragi. Selain enak dijadikan kudapan, ternyata tape juga bisa dijadikan bahan untuk membuat kue talam, dan ada banyak jenis tape yang bisa anda gunakan seperti misalnya tape singkong maupun tape ketan. Penasaran?


Berikut adalah resep kue talam tape:


7. Resep Kue Talam Nangka


Salah satu buah eksotis ini juga terkenal sebagai bahan tambahan untuk membuat kolak. Rasa daging buahnya yang legit bisa membuat lidah terlena lho. Dan ternyata selain untuk membuat kolak, buah nangka juga cocok dijadikan bahan untuk membuat kue talam. Bagaimana ya rasanya?


Berikut adalah resep kue talam nangka:


8. Resep Kue Talam Daun Pandan


Aroma khas dari daun pandan memang sangat cocok untuk berbagai makanan manis, selain itu daun pandan juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Karena aroma wangi yang khas dari pandan, pastinya akan menarik jika daun pandan dibuat bahan untuk membuat kue talam.


Berikut adalah  resep kue talam daun pandan:


9. Resep Kue Talam Singkong


Sama seperti resep kue talam yang terbuat dari ubi, resep kue talam yang terbuat dari singkong juga tidak kalah menarik. Rasa yang dihasilkan oleh kue talam yang terbuat dari singkong akan terasa sedikit renyah dan bertekstur. Penasaran?


Berikut adalah resep kue talam singkong:


10. Resep Kue Talam Gula Merah


Rasa manis yang khas dari gula merah ternyata juga bisa dijadikan kue talam yang lebih manis dan sangat menggoda. Aroma manis dari gula merah pada kue talam akan membuat lebih semangat untuk menyantapnya. Dan biasanya kue talam gula merah ini juga dipadukan dengan daun pandan atau bahan lainnya.


Berikut adalah resep kue talam gula merah:


11. Resep Kue Talam Coklat


Siapa sangka jika coklat yang sering dijadikan bahan untuk membuat cake ini juga bisa dijadikan bahan dasar untuk membuat kue basah tradisional. Rasa coklat yang manis memang akan sangat cocok jika dipadukan dengan legit dan lembutnya kue talam. Bagaimana rasanya ya?


Berikut adalah resep kue talam coklat:


12. Resep Kue Talam Durian


Mendengar nama durian pastinya anda akan teringat dengan salah satu buah eksotis yang beraroma cukup tajam. Memang ada beberapa orang yang kurang suka dengan aroma durian. Akan tetapi, di Indonesia sendiri, durian adlah salah satu buah yang banyak digemari oleh masyarakat. Samapai sampai ada istilah "ketiban durian runtuh". Nah, daripada ketiban durian beneran, mending duriannya dibuat kue talam, hehe.


Berikut adalah resep kue talam durian:


13. Resep Kue Talam Kentang


Sayuran satu ini memang bisa dijadikan bahan dasar untuk membuat kue, seperti misalnya donat kentang, atau bisa juga dimasak untuk sayur sop. Kegunaan kentang memang banyak, dan ternyata kentang juga bisa dijadikan bahan dasar untuk membuat kue talam sebagai pengganti ubi. Penasaran?


Berikut adalah resep kue talam kentang:


14. Resep Kue Talam Labu Kuning


Hampir sama dengan ubi kuning, kue talam yang terbuat dari labu kuning ini memiliki warna dan tekstur yang sama. Sayuran yang sering dibuat untuk memasak sayur lodeh ini ternyata juga nikmat jika dijadikan kue talam.


Berikut adalah resep kue talam labu kuning:


15. Resep Kue Talam Talas


Salah satu jenis umbi-umbian yang sering dimasak untuk sayur asam ini ternyata juga nikmat untuk dibuat kue talam. Teksturnya pun juga hampir mirip dengan kue talam yang terbuat dari singkong. Penasaran?


Berikut adalah resep kue talam talas:


16. Resep Kue Talam Lapis Ayam


Berbeda dengan kue talam pada umumnya yang rasanya manis. Kue talam yang terbuat dari lapis ayam ini terasa gurih dan asin. Meskipun kue talam lapis ayam ini bukan favorit saya, akan tetapi kue talam lapis ayam ini juga sering kita temukan pada acara hajatan keluarga. Karena, masih banyak orang yang menggemari rasa gurihnya.


Berikut adalah resep kue talam lapis ayam:


17. Resep Kue Talam Ikan


Hampir sama dengan kue talam lapis ayam, kue talam ikan adalah salah satu kue talam yang yang terasa gurih. Bagi anda yang menyukai rasa gurih yang berpadu dengan legit dan lembutnya kue talam, mungkin resep ini bisa menjadi salah satu favorit anda.


Berikut adalah resep kue talam ikan:


18. Resep Kue Talam Abon


Kue talam abon juga tidak kalah populer dengan kue talam lainnya yang terasa gurih. Rasa gurih abon yang dipadukan dengan rasa lembut dari kue talam bisa membuat orang yang pergi hajatan tidak ingin pulang, hehe.


Berikut adalah resep kue talam abon:


19. Resep Kue Talam Wortel


Kue talam yang terbuat dari wortel ini cocok sebagai olahan sehat. Manfaat wortel yang melimpah akan sangat cocok dijadikan kue talam, terlebih jika anak anda tidak suka makan wortel. Maka kue talam wortel ini adalah satu alternatif untuk mengajarkan anak untuk makan sayuran.


Berikut adalah resep kue talam wortel:


20. Resep Kue Talam Ketan


Memasak ketan memang menyenangkan, terlebih jika kita menyukai ketan durian, ketan susu coklat keju dan lain sebagainya. Ketan pun juga terkenal dengan banyak olahan yang lain, seperti misalnya kue talam ketan berikut ini. Anda pun bisa memilih untuk membuatnya terasa manis atau membuatnya terasa gurih.


Berikut adalah resep kue talam ketan:


Demikianlah 20 resep kue talam, yaitu salah satu jajanan kue basah tradisional yang bisa nada kreasikan dengan berbagai bahan. Banyak orang yang sudah berkreasi dengan kue talam ini. Andapun juga bisa berkreasi tentunya, jadi jangan takut berkreasi dengan kue talam ya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

About The Author

Hello, I am an web designer/developer from Melbourne, Australia. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium .