ads-unit

Bukan Sekedar Bumbu Dapur, Garam Bisa Membersihkan 5 Hal Ini

0
Seperti yang kita ketahui bahwa garam adalah bumbu masak yang wajib tersedia di dapur. Sebagai bumbu dapur, garam tentu memiliki peran penting untuk menyedapkan rasa masakan anda. Selain itu, sering juga digemborkan bahwa garam beryodium memiliki segudang manfaat jika kita mengonsumsinya secara rutin.


Namun, siapa sangka jika selain untuk konsumsi, garam juga bermanfaat untuk hal lain diluar masakan. Yakni, garam bisa dimanfaatkan untuk membersihkan barang-barang anda. Apa sajakah itu?

Berdasarkan video yang diposting oleh akun @5.min.crafts di Instagram juga di Youtube, berikut adalah 5 hal yang bisa anda bersihkan menggunakan garam dapur.

1. Sisa Kerak Makanan Pada Wajan

Noda dari sisa-sisa makanan yang sudah mengerak di wajan memang sangat menjengkelkan, karena sulit sekali untuk dibersihkan. Nah, untuk mengatasinya, anda bisa memanfaatkan garam untuk membersuhkan kerak dari sisa makanan tersebut. Caranya, larutkan satu cangkir garam dalam air, lalu rendam wajannya selama 20 menit, kemudian anda tinggal membersihkannya menggunakan spons.

2. Noda Kopi Pada Gelas

Terkadang kopi meninggalkan bekas noda yang sulit dibersihkan dari gelas atau mug. Nah, untuk membersihkan noda bekas kopi yang membandel, anda bisa menggunakan garam dengan cara menaruh beberapa sendok garam, lalu gosok-gosok gelas tersebut menggunakan garam, setelah itu tinggal dibilas saja.

3. Tumpahan Telur

Saat menggoreng telur, kadang kita tidak sadar ada putih telur yang tercecer dan membuat amis dapur. Dan untuk menghilangkan bau amis sekaligus membersihkannya, kita bisa menaburkan garam pada tumpahan telur, lalu bersihkan menggunakan lap kering.

4. Spons Cuci Piring

Dewasa ini diketahui jika spons cuci piring merupakan benda yang paling kootor dan paling berkuman, Sehingga harus lebih rajin untuk dibersihkan. Nah, salah satu cara untuk membersihkan spons yaitu menggunakan garam dengan cara merendam spons didalam air yang sudah diberi garam, setelah itu panaskan didalam microwave selama 1 menit, kemudian bilas seperti biasa.

5. Sterika

Karena jarang digunakan, setrika memang rentan kotor dan cepat lengket ketika akan digunakan kembali. Nah, untuk mengatasinya, kita hanya perlu menggunakan garam untuk membersihkannya. Caranya, tuangkan satu cangkir garam pada kertas minyak di atas tatakan/talenan, kemudian panaskan setrika dengan suhu maksimal. Setelah itu, letakkan setrika panas tersebut diatas garam, setelah beberapa saat, setrika anda akan kembali bersih.

Jika anda ingin mengetahuinya secara detil, berikut adalah video dari @5.min.crafts.



About The Author

Hello, I am an web designer/developer from Melbourne, Australia. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium .