ads-unit

7 Khasiat Petai Bagi Kesehatan Tubuh

0
Anda suka makan petai? Bahan makanan yang memiliki tekstur lembut dan berbau sangat tajam ini ternyata memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh lho. Bagi sebagian orang, petai yang memiliki nama latin parkia speciosa ini sangat digemari sebagai lalapan. Terutama bagi sebagian masyarakat Indonesia yang menyukai makanan pedas, seperti sambal.


Memang ada sebagian orang yang tidak menyukai bau petai yang sangat menyengat. Apalagi setelah dikonsumsi akan menimbulkan bau yang tak kunjung henti. Padahal, petai adalah salah satu jenis bahan makanan yang paling mudah dimasak dengan bahan yang lain. Bahkan, ada juga yang menyukai petai mentah untuk digunakan lalapan.

Jika ditelusuri lebih lanjut, Ternyata didalam petai terdapat banyak nutrisi yang mana sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Apa sajakah itu? Dan berikut ada 7 manfaat petai bagi kesehatan tubuh.

1. Mencegah Anemia

Anemia atau kekurangan zat besi bagi tubuh yang bisa menyebabkan produksi hemogoblin tak tercukupi bisa diatasi dengan mengonsumsi petai. Petai memiliki kandungan zat besi yang sangat kaya, sehingga mendorong produksi hemogoblin bagi tubuh. Dengan mengonsumsi petai bisa mencegah dari gejala-geejala anemia seperti letih dan lesu.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Beberapa penelitian mengatakan bahwa petai dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Petai disinyalir memiliki kandungan kalium yang tinggi, akan tetapi rendah garam. Bahkan US Food and Drug Administration memberikan izin bagi industri petai untuk mengklaim produknya sebagai pencegah tekanan darah tinggi dan stroke.

3. Meredakan Depresi

Meskipun bau, akan tetapi petai memiliki kandungan zat tryptophan atau semacam protein yang dapat diubah menjadi serotonin yang dapat membuat efek relaksasi bagi tubuh. Selain itu, petai dipercaya dapat meningkatkan mood, dan bisa membuat tubuh lebih nyaman.

4. Mengobati Sembelit

Petai yang memiliki tekstur khas ini mengandung serat yang tinggi sehingga dapat membantu memulihkan fungsi pencernaan. Mengonsumsi petai secara rutin, ternyata bisa mengobati sembelit tanpa harus meminum obat. Namun, resikonya adalah baunya pasti akan sangat menyengat. Meskipun begitu, ada cara mengatasi bau petai dengan mudah.

5. Mengatasi Maag

Tidak hanya kaya akan serat yang baik untuk pencernaan. Petai juga mampu meredakan maag, karena petai dipercaya dapat menetralisir asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan lambung. Karena memiliki tekstur yang lembut, petai adalah satu-satunya bahan makanan mentah yang dapat dikonsumsi tanpa menyebabkan distress jangka panjang.

6. Menguatkan Otak

Karena petai mengandung kalium yang cukup tinggi, petai juga baik untuk otak. Dengan kandungan kalium dalam petai ini dapat membantu seseorang dalam meningkatkan kemampuan kognitif. Oleh karena itulah, petai sangat bermanfaat bagi anak-anak untuk meningkatkan daya ingatnya.

7. Menjaga Gula Darah

Ekstrak khloroform dapat menghasilkan penurunan gula darah, dan petai mengandung ekstrak khloroform tersebut. Dengan begitu, mengonsumsi petai diantara waktu makan dipercaya dapat menjaga level gula darah. Selain itu, petai dapat menghindarkan dari gejala morning sickness alias mual-mual kecuali bagi yang tidak menyukai baunya.

Demikianlah 7 khasiat petai bagi kesehatan tubuh anda. Meskipun baunya tidak ketulungan. Tapi bila dimasak dengan cara tertentu tentu rasanya akan nikmat. Sekian dan semoga bermanfaat.

About The Author

Hello, I am an web designer/developer from Melbourne, Australia. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium .